Perbedaan AdSense untuk Konten dan AdSense untuk Host Konten

Perbedaan AdSense untuk Konten dan AdSense untuk Host Konten - Banyak rekan blogger mengira bahwa setelah diterima mendaftar adsense melalui youtube maka iklan juga bisa ditampilkan di blogspot. Sebelumnya memang hal ini bisa, tetapi entah karena apa sekarang sudah tidak bisa. Di forum-forum banyak para blogger yang meresahkan ini. Bagi yang masih pemula mungkin belum paham tentang ini.

Pada posting kali ini sedikit saya akan berbagi tentang perbedaan AdSense untuk Konten dan AdSense untuk Host Konten.

AdSense untuk Konten

Dengan akun ini pemilik bisa menampilkan iklan adsense di blog atau website milik sendiri. Saat melamarnya anda diharuskan menyertakan blog atau website yang dimiliki. Bagi para blogger fitur ini sudah disediakan, sehingga anda bisa langsung melamar google adsense lewat blogger.Caranya, setting terlebih dahulu blog menjadi bahasa Inggris. Klik Setelan > Bahasa dan pemformatan.

Kemudian pada Bahasa pilih Inggris (Amerika Serikat), Simpan setelan. Muat ulang browser, pilih Penghasilan. Akan muncul Blogger + Google adsense. Jika anda sudah memiliki artikel karya sendiri, bebas copy paste dan setiap hari pengunjung anda sudah lumayan, segera klik Mendaftar Adsense. Kemudian anda tinggal mengikuti perintahnya. Itulah yang disebut andsense untuk konten.

AdSense untuk Host Konten

Sedangkan akun ini hanya digunakan untuk menampilkan iklan di youtube. Namun berbeda dengan adsense untuk konten, iklan di youtube di atur secara otomatis oleh pihak google. Jika anda ingin melamar dari sini lihat pada Setelan saluran > Monetisasi > Status Akun, selanjutnya tinggal mengaktifkan dengan mengikuti petunjuknya.Akhir-akhir ini melamar adsense dari youtube sangat mudah hanya cukup memiliki video buatan sendiri lalu menguploadnya di sana, baru kita uangkan. Jika diterima anda akan memiliki akun Host Konten (Content host) dan langsung bisa Log in ke akun adsense.

Inilah yang terkadang membuat para publisher mengira bahwa setelah itu mereka dapat mengaktifkan iklan di blog mereka, padahal ini tidak bisa. Hal ini dapat dilihat ketika anda masuk ke akun adsense, pada bagian atas terdapat teks dengan background warna merah yang mengatakan yang intinya : bahwa akun hanya bisa digunakan untuk menampilkan iklan di youtube, jika ingin iklan bisa digunakan untuk blog maka harus mengajukan permintaan satu kali. Klik tautan yang disediakan lalu masukkan url blog yang dimiliki.

Tetapi, blog gratisan tidak bisa digunakan untuk mengajukan permintaan. Anda harus memiliki domain tingkat atas. Masih pemula di dunia blogging? Domain tingkat atas adalah domain berbayar yang biasanya alamat/url blog di awali dengan www atau tanpa www kemudian diikuti dot com. Untuk itu anda perlu membeli domain, tidak mahal kok. Harga di idwebhost.com termurah kurang lebih Rp 100.000.

Kesimpulan

Jadi, bagi yang ingin memiliki akun adsense youtube tetapi ingin sekaligus bisa ditampilkan di blog anda harus mengupgradenya melalui akun adsense dan mengajukan permintaan satu kali dengan domain tingkat atas berbayar yang tentunya milik anda sendiri. Kemudian tunggu paling lama seminggu (ada yang lebih, bahkan sebulan) akan ada pemberitahuan.

Semoga sedikit sharing saya ini bermanfaat. Happy blogging.
LihatTutupKomentar